ads

Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Rifertar- Balai Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Bengkulu sedang berupaya menangkap seekor beruang madu yang berkeliaran di Desa Suka Mekar, Kecamatan Putri Hijau, Bengkulu Utara karena meresahkan masyarakat daerah itu.

"Beruang madu berukuran besar itu sering menghadang warga akan ke kebun sehingga masyarakat daerah itu selalu dihantui rasa takut," kata Kepala BKSDA Bengkulu Anom Zamora, Jumat (18/3/2011).

Pihaknya mendapatkan informasi dari staf BKSDA Bengkulu Utara bahwa ratusan kepala keluarga di wilayah itu resah akibat seekor beruang madu itu.

Sejak beberapa hari lalu, BKSDA sudah menurunkan tim ke lapangan dengan membawa kerangkeng yang akan dipasang pada titik dimana beruang itu sering dipergoki warga.

"Bila tidak diselamatkan, dikhawatirkan jiwa beruang madu itu akan terancam oleh ulah manusia karena selalu berkeliaran di sekitar perkampungan masyarakat," katanya.

Bila beruang madu sudah tertangkap, akan dikarantina di Bengkulu namun akan dilihat dulu usianya, bila masih muda akan dilepas kembali ke alam untuk berkembang biak.

Kalau beruang itu usianya sudah tua akan dikirim ke kebun binatang yang membutuhkan, karena bila dilepas dikhawatirkan mengganggu masyarakat karena ia mencari makan tidak jauh dari perkampungan.

Saat ini BKSDA Bengkulu baru saja berhasil menangkap harimau Sumatra (panthera tigris Sumatrae) betina dengan usia sekitar dua tahun dari Desa Talang Sebaris, Kecamatan Air Periukan, kabupaten Seluma.

"Harimau itu akan dilepas di Lampung mengingat usianya masih produktif dan berpotensi untuk berkembang biak. Sedang sebelumnya ada juga seekor harimau jantan lebih dulu dilepas di Lampung," tambahnya.

sumber:Kompas.com

About Richard Fernando

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Dunia Dalam Berita


Top