ads

Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Rifertar-Pemerintah Belanda akan menyampaikan permintaan maaf secara resmi kepada Indonesia atas pembantaian ratusan orang di Rawagede pada tahun 1947 silam.

"Duta Besar (Dubes) Belanda untuk Indonesia pada Jumat 9 Desember, atas nama pemerintah Belanda akan meminta maaf atas apa yang telah terjadi," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri Belanda Aad Meijer seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (5/12/2011).

Dikatakan Meijer, Dubes Belanda akan menyampaikan permintaan maaf tersebut di depan warga Balongsari dalam sebuah seremoni.

Menteri Luar Negeri Belanda Uri Rosenthal mengkonfirmasi soal rencana permintaan maaf tersebut.
"Saya harap permintaan maaf ini akan membantu para orangtua menutup episode sulit ini dalam kehidupan mereka," kata Rosenthal dalam pernyataannya.

Pemerintah Belanda sebelumnya telah menyampaikan penyesalan atas pembunuhan tersebut namun belum pernah meminta maaf secara resmi.

Menurut pemerintah Belanda, 150 orang tewas dalam pembantaian yang dilakukan pasukan Belanda di Rawagede tersebut. Namun pihak lain menyebut korban tewas mencapai 431 orang.

Pada September lalu, pengadilan Belanda mengeluarkan putusan yang berpihak pada 7 janda dan seorang warga yang selamat dari pembantaian itu di Desa Balongsari, sebelah timur Jakarta. Janda ke-8 dalam kasus itu telah meninggal. Pemerintah Belanda setuju untuk membayar kompensasi sebesar 180 ribu euro untuk mereka.

Sumber:http://www.detiknews.com/read/2011/12/05/193959/1783325/1148/belanda-akan-minta-maaf-ke-ri-atas-pembantaian-rawagede?9911012

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Dunia Dalam Berita


Top